Info Tempat Wisata, Tempat Rekreasi dan Wisata Kuliner Indonesia

Sunday, May 28, 2017

10 Tempat Wisata Kudus Terbaru + 10 Wisata Kulinernya

Inilah 5 tempat wisata Kudus terbaru yang belum banyak dikenal dan info tempat wisata kuliner di kudus paling enak dan murah ada juga info wisata kudus terbaru menara pisang.

Kota Kudus terletak di Jawa Tengah dan terkenal dengan sebutan Kota Kretek. Jika anda datang dari Semarang, sebelum tiba di Kudus pasti anda akan melewati Demak baru masuk Kudus, lalu Pati. Dahulu disini juga merupakan daerah yang menjadi pusat kegiatan para Walisongo dalam misinya untuk menyebarkan agama Islam di pulau Jawa. Hingga kini situs peninggalan para Walisongo masih terjaga dengan baik yang dijadikan sebagai tujuan wisata.

Selain terkenal dengan wisata Kudus Colo yang sejuk dingin itu, ternyata Kudus memiliki segudang tempat wisata alam mulai dari wisata air Kudus, wisata budaya, wisata bulusan, dan masih banyak lagi....yuk kita simak informasi tempat obyek wisata Kudus berikut ini :

Tempat Wisata Kudus Terbaru

Wisata hits di Kudus terdapat banyak sekali mulai dari; Selain wisata religinya yang terkenal, Kudus juga memiliki banyak wisata menarik yang perlu anda eksplor lebih dalam keindahannya. Pesona alam kota Kudus sangat memukau yang sayang jika anda lewatkan. Dalam artikel ini kami akan membahas tempat-tempat wisata menarik yang ada di Kudus yang wajib untuk anda kunjungi dan tidak akan membuat anda menyesal sehingga ingin kembali kesini lain waktu. Berikut adalah tempat wisata andalan Kudus.

1. Air Tiga Rasa Rejenu

wisata air tiga rasa kudus, wisata kudus wisata kudus menara pisang wisata kudus terbaru wisata kudus ternadi wisata kudus colo
Wisata air tiga rasa kudus. Di Kudus ada objek wisata yang terkenal dengan keunikannya karena memiliki air alami dengan tiga rasa yang berbeda. Air tiga Rasa Rejenu adalah sebuah sebuah mata air yang berada di atas air terjun Montel.

'Air tiga rasa Rejenu' Terletak di dekat makam Syaikh Syadzali
Murid Sunan Muria Gunung Muria

Disini ada tiga macam sumber air dengan rasa asam, minuman bersoda, dan minuman beralkohol. Ketiga sumber air ini memiliki khasiat berbeda-beda yang jika dicampur ketiga air tersebut akan berasa seperti air tawar biasa.

2. Museum Kretek

wisata kudus terbaru menara pisang wisata kudus dawe wisata kudus kota wisata kudus air terjun
Pariwisata itu tidak hanya mengunjungi tempat indah & terkenal saja. Ke museum juga bisa lho sobat wisata hore! Dengan julukannya sebagai kota kretek, tentu saja tidak lengkap jika di Kudus ini anda tidak menemukan sejarah kretek yang ada di Indonesia.

Di museum Kretek ini anda akan menemui sejarah kretek dari jaman dahulu hingga proses pembuatannya dijelaskan secara detail dari pembuatan dengan cara tradisional hingga modern. Jika anda ingin mengunjunginya Museum Kretek ini berada di jalan Getas Pejaten, Jati, Kudus.

3. Masjid Menara Kudus

wisata alam kudus wisata air kudus tempat wisata area kudus wisata budaya kudus
Masjid ini merupakan Masjid bersejarah yang ada di Kudus yang dibangun pada tahun 1549 M oleh Sunan Kudus. Masjid ini dibangun dengan batu pertama yang berasal dari batu Baitul Maqdis, Palestina.

Selain itu Masjid ini memiliki keunikan yang terletak di bentuk bangunannya yang seperti sebuah Candi. Masjid ini terlihat sebagai akulturasi dari kebudayaan Hindu pada jaman itu dengan kebudayaan Islam yang ingin dikenalkan oleh Sunan Kudus.

4. Air Terjun Rahtawu (Air Terjun Berundak)

wisata bahari kudus wisata bulusan kudus wisata kuliner di kudus wisata religi di kudus
Desa wisata Rahtawu Kudus. Konon dulu Rahtawu (rahtau) adalah tempat dimana berkumpulnya petapa sakti. Jika anda ingin kesini sebaiknya bersama dengan orang asli Rahtawu saja ya karena mitosnya masih begitu kuat.

Cara menuju Sendang Rahtawu adalah dari Simpang Tujuh Kudus, berkemudilah melalui gang Menara Kudus hingga sampai di perempatan Jember lalu belok kanan (menuju ke utara). Selanjutnya setelah 45-60 menit anda akan sampai di gapura Rahtawu. Dari gapura Rahwatu pacu terus kendaraan anda mengikuti jalan setapak desa.

Jika anda sudah sampai di jalan yang berkelok-kelok dan sampai di sebuah aliran sungai, itu tandanya anda tidak lama lagi akan melihat air terjun Rahwatu. Sesampainya di aliran sungai tersebut, anda dapat memarkirkan kendaraan pada tempat yang telah disediakan warga, membayar tiket masuk dan parkir lalu anda harus berjalan melewati jalur pendakian menuju puncak Abiyoso. Dari jalur setapak ini, air terjun sudah nampak jelas alirannya. Hanya beberapa menit berjalan, anda telah sampai di lokasi tujuan anda.

5. Air Terjun Sendang Jodo

wisata alam di kudus foto wisata kudus gambar wisata kudus wisata kudus hits
 Objek wisata Sendang Jodo adalah berupa mata air yang tidak pernah kering sekalipun pada musim kemarau.

Disini terdapat mitos yang kuat beredar dimasyarakat yaitu jika ada pasangan muda mudi yang datang ke Sendang Jodo, konon hubungan mereka akan langgeng dan akan berjodoh.

Apakah anda percaya? Buktikan sendiri dengan mengunjungi Sendang Jodo yang terletak di desa Purworejo, kecamatan Bae, Kudus.


6. Air Terjun Ternadi Kudus

wisata kudus jawa tengah tempat wisata kudus jawa tengah wisata kuliner kudus jawa tengah wisata alam kabupaten kudus jawa tengah
Wisata Kudus Ternadi berlokasi di desa Ternadi Kecamatan Dawe - Kudus. Tempatnya berada di tengah hutan sehingga bawalah kompas atau gunakan kompas di smartphone (jika ada) atau anda bisa bertanya kepada penduduk yang jarang melintas di lokasi ini.

Cara menuju air terjun Ternadi Kudus adalah mulau dari pasar Piji, Dawe; anda langsung saja berkendara lurus ke arah Colo (ke utara). Selanjutnya di pertigaan yang ada konter HP-nya silahkan belok kiri dan ikuti jalan tersebut sehingga sampai di desa Ternadi.

Selanjutnya anda akan melihat tugu di pertigaan jalan desa Ternadi, ambil arah kanan saja dan ikuti jalan tersebut, maka kamu akan sampai di sebuah masjid dan makam Sunan Kaliyetno. Sampai disini kamu bisa parkir kendaraan di area masjid dan perjalanan bisa kamu lanjutkan dengan berjalan kaki.

7. Air Terjun Watu Gompeng Kuwukan Kudus

wisata kuliner kudus wisata kabupaten kudus wisata kota kudus jawa tengah tempat wisata kuliner kudus
Air terjun Watu Gompeng Kudus baru dibuka pada Maret 2016 lalu yang sebelumnya dikelola secara swadaya oleh masyarakat setempat.

Air terjun Watu Gompeng tingginya 25 meter dengan suasana asri dan untuk sampai di air terjun ini anda harus melewati banyak kebun dan persawahan. Terus karena lokasi air terjunnya di bawah maka anda harus terjun melandai melalui jalan terjal untuk melihat air terjun ini.

Cara menuju air terjun Watu Gompeng adalah mulai dari Simpang 7 Kudus, ambil jalan menuju arah Sunan Muria; Ikuti terus jalan tersebut sampai anda menemukan Desa Kajar.

Sebelum sampai di desa Colo, anda akan menemukan desa Pandak. Nah, dari sini, anda cari kantor unit bank BRI yang ada di desa pandak, disebelah bank BRI ada jalan masuk yang menurun, ikuti jalan tersebut (melewati jembatan kecil) sampai anda temukan papan nama yang bertuliskan ketua RT, kemudian lurus saja dan ikuti jalan yang menurun.

Ketika sampai di persimpangan jalan nanti akan ada papan arah petunjuk yang menunjukkan lokasi wisata Air Terjun Gompeng. Anda dapat memarkirkan kendaraan anda di kawasan ini dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki mengikuti petunjuk jalan.

8. Air Terjun Pengantin Kudus / Air Terjun Kembar / Air Terjun Bakaran

wisata khas kudus wisata muria kudus obyek wisata menara kudus wisata kudus paling hits
Namanya sama seperti air terjun di Ngawi, Jawa Timur, --Air Terjun Pengantin ini merupakan wisata kudus dawe untuk kategori wisata kudus air terjun. Dinamai Air Terjun Pengantin karena ada 2 (dua) air terjun dalam satu lokasi yang berjejeran sehingga dinamai oleh penduduk sekitar air terjun pengantin atau air terjun kembar. Letaknya berada di dukuh Bakaran, desa Piji, kecamatan Dawe - Kudus.

Cara menuju air terjun pengantin ini adalah dari Pasar Dawe, ambil arah utara (sekitar 5-10 menit saja) dan lihat konter HP warna kuning. Di tikungan konter HP warna kuning belok kiri saja (arah barat) selama setengah jam dan sampailah anda di Bakaran, desa Piji.

Cari atau tanya penduduk sekitar tentang masjid bernama "Babul Huda" dukuh Bakaran. Sebelum masjid ada gang ke arah barat (belok saja). Catatan: Kendaraan di parkir di masjid saja karena medan sulit dilalui kendaraan /menanjak pas balik (kecuali sudah di aspal saat anda berkunjung).

9. Air Terjun Montel Kudus

wisata kudus romantis wisata kudus rahtawu desa wisata rahtawu kudus wisata alam rejenu kudus wisata air tiga rasa kudus
Di Kudus terdapat air terjun yang sangat indah terletak di desa Kajar bernama air terjun Montel. Ketinggian air terjun ini 50 meter dengan air yang sangat dingin yang memiliki suhu antara 18-20 derajat Celcius.

Di daerah dekat air terjun Montel ini juga terdapat Air Terjun Gonggomino yang dapat ditempuh dengan jalan kaki melalui sebuah sungai.

Cara Menuju Air Terjun Montel adalah dari terminal kota Kudus naiklah angkutan atau kendaraan ke arah Colo. Jika tujuan terakhir angkutan kota sudah selesai parkirlah kendaraan anda, lalu teruskan perjalanandengan berjalan kaki sekitar 1,5 km melalui jalanan aspal yang menanjak, dengan kiri kanan hutan kopi, hingga tiba di pintu gerbang lokasi air terjun.  Di tempat parkir ini juga tersedia angkutan ojek bagi yang malas berjalan.

Selanjutnya dari pintu gerbang untuk menuju air terjun Montel ini harus melewati jalan setapak naik turun sekitar 500 m jaraknya.

10. Wisata Kudus Terbaru Menara Pisang

wisata soto kudus obyek wisata sekitar kudus wisata kudus taman sardi wisata kudus terdekat wisata air terjun kudus wisata undaan kudus desa wisata wonosoco kudus menara pisang kudus
Menara Pisang Kudus terletak di "Taman Sardi Kudus" terletak di dukuh Watu Lumpang, Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Cara menuju Menara Pisang adalah buka Google Map di smartphone anda,  ketikkan "Taman Sardi Kudus" pasti sudah ada lokasinya disana. Tentukan starting point anda menuju kesana lalu ikuti petunjuk arah yang diberikan Google.

Menara pisang memiliki daya tarik tersendiri. Hanya dengan tiket masuk 15 ribu rupiah (jika belum naik) anda dapat menikmati pemandangan yang disugunkan dan melihat pegunungan dari taman ini.

Demikianlah tempat wisata yang ada di Kudus yang akan membuat anda terpesona. Apakah anda tertarik untuk mengunjungi Kudus?

10 Wisata Kuliner Kudus Paling Hits

Berbicara soal makanan, Kudus memiliki kuliner khas yang beragam yaitu :

1. Lentog Tanjung

lentog tanjung di kudus lentog tanjung di jakarta lentog tanjung khas kudus lentog tanjung makanan khas kudus kabupaten kudus jawa tengah lentog tanjung pak mitro resep lentog tanjung khas kudus lentog tanjung kudus lentog tanjung makanan khas kudus lentog tanjung kudus yang enak alamat lentog tanjung gambar lentog tanjung kudus
Lentog Tanjung banyak dijual di desa Tanjungkarang (Tanjung) yang isinya terdiri dari lontong, sayur gori atau nangka muda, dan lodeh tahu. Lentog tanjung banyak dijajakan warung pinggir jalan dengan harga yang murah atau anda bisa ke Desa Tanjung Jati, Kudus, Jawa Tengah.

Saat ini Lentog Tanjung dapat anda temui di seluruh penjuru Kudus maupun luar daerah yang menyediakan menu Lentog yang sedap ini.

2. Garang Asem Kudus

garang asem kudus garang asem kudus sari rasa garang asem kudus terkenal garang asem ayam kudus garang asem asli kudus resep garang asem kudus asli garang asem di kudus garang asem enak di kudus
Garang asem adalah jenis lauk yang dimasak dengan cara digarang (dikukus). Biasanya isinya paling umum berupa ayam, ada pula jenis garang asem berupa jeroan ayam, ikan, dan tahu.

Citarasanya yang asam dan pedas dengan campuran irisan tomat hijau dan cabai putih akan menambah rasa khas garang asem semakin disukai.

Jika anda dari arah semarang, sebelum memasuki gerbang utama kota Kudus anda akan melewai warung garang asem paling terkenal di kota Kudus ini (berhadap-hadapan dengan gedung persaudaraan haji).

3. Soto Kudus

soto kudus paling enak
Soto kudus banyak diminati karena rasanya yang sedap. Soto kudus dibuat dengan dua varian yaitu soto kudus menggunakan daging kerbau dan soto kudus daging ayam. Isi soto kudus selain daging adalah tauge, irisan kol, dan seledri dengan ditaburi bawang goreng.

Jika anda berada di Simpang 7 Kudus, soto Kudus dapat anda temukan di pusat kuliner Kudus yang ada di area simpang 7 Kudus, pagi-pagi sudah tersedia sebagai sarapan kok. Ada makanan pelengkap soto juga coba tengok ke gambar soto yang disediakan...

4. Nasi Pindang

inilah nasi pindang khas kudus kuliner kudus nasi pindang
Nasi pindang adalah nasi dengan kuah daging kerbau yang dimasak pindang dan dicampur daun melinjo. Warna kuah pindang ini berwarna agak kecoklatan karena dicampur dengan kluwak. Jika dilihat dari bentuknya, nasi pindang ini mirip dengan nasi rawon khas Surabaya.

5. Sate Kerbau

sate kerbau kuliner kudus paling enak
Jika anda di Kota Kudus, anda akan lebih mudah menemukan sate kerbau daripada sate kambing ataupun sapi.

Penyajian sate kerbau khas kudus tidak seperti sate pada umumnya karena prosesnya sebelum dibakar, daging kerbau terlebih dahulu dicincang terlebih dahulu lalu dimemarkan dengan cara dipukul-pukul yang selanjutnya disiram bumbu untuk dibakar.

Pembakarannya pun sebentar saja sehingga dagingnya empuk. Penyajiannya disiram dengan saus kacang tanah, ditaburi serundeng, bawang merah, bawah putih, dan kentang yang diuleg.

6. Tahu Telur Kudus

menu tahu telur khas kudus tahu telur kuliner kudus
Wisata malam kota Kudus salah satunya adalah tahu telur. Kudus dengan kuliner tahu telur tersedia pada sore hingga malam hari dan banyak dijajakan oleh para penjual di angkringan pinggir jalan yang hanya berjualan tahu telur saja. Coba saja anda bergerak ke Jl. Sunan Kudus pasti anda dengan mudahnya menemukan tahu telur yang lumayan enak.

Tahu telur kudus isinya adalah telur yang digoreng, lalu dicampur dengan potongan tahu kemudian dibumbui bumbu pecel yang ditambah dengan bawang putih.. hmm rasanya enak sekali cobalah!

7. Ayam Gongso Khas Kudus

ayam gongso kuliner kudus paling enak
Gongso artinya adalah tumisan jadi ayam gongso kudus ini adalah tumisan ayam dengan bumbu kecap.

Rasa ayam gongso adalah manis (karena kecap), lalu terasa pedas dan gurih karena ditumis dengan bumbu yang enak. Ayam gongso kudus ini masakannya cukup sederhana tetapi jika ingin merasakan kombinasi ayam gongso dengan nasi goreng pasti anda ketagihan!

8. Pecel Pakis Khas Kudus

pecel pakis khas colo kudus jawa tengah
Pengen merasakan "Pecel Pakis" Kudus? Datanglah ke Colo Kudus! Pecel pakis Colo merupakan kuliner khas kudus yang asalnya dari Colo (nama daerah di Kudus);

Pecel Colo ini terbuat dari bahan utamanya daun pakis dan juga bahan pelengkap seperti tauge, kol dan kacang panjang yang dikukus hingga matang atau cukup disiram air panas untuk kol dan taugenya.

Dari tumbuhan pakis yang daunnya dibuat menjadi bahan pecel inilah yang menjadikan cita rasa pecelnya enak sekali, terlebih dengan bumbu pecelnya yang khas dengan kacang pilihan.

9. Parijoto (Medinella speciosa L)

parijoto khas kudus lereng merapi
Parijoto adalah nama buah yang hanya tumbuh di lereng Gunung Muria sehingga menjadikan banyak wisatawan yang berkunjung ke Kudus menjadikannya oleh-oleh khas Gunung Muria Kabupaten Kudus. Parijoto juga diabadikan sebagai motif batik khas Kudus.

Biasanya Parijoto dikonsumsi oleh ibu hamil karena konon dipercaya dapat menjadikan anak yang sedang dikandung menjadi cantik ataupun tampan. Rasa buah Parijoto adalah asam dan agak getir, buah ini biasanya dijadikan sebagai rujak atau direbus dahulu sebelum dikonsumsi. Buah Parijoto secara teori medis memiliki kandungan kimia saponin dan kardenolin pada daun dan buahnya, sedangkan pada buahnya mengandung flavonoid dan daunnya mengandung tannin yang berkhasiat sebagai obat sariawan dan obat diare.

10. Lepet

lepet khas kudus saat lebaran
Ketika berkunjung ke Kudus dan bertepatan dengan hari raya Idul Fitri maka sempatkan diri anda untuk menyantap lepet. Lepet adalah jenis jajanan basah yang terbuat dari beras ketan dicampur dengan kelapa muda dan garam lalu dibungkus dengan janur (daun kelapa yang masih kuning), setelahnya direbus hingga matang selama berjam-jam.

Nah keunikannya di Kudus ini adalah Lepet tidak hanya terdiri dari campuran beras ketan saja akan tetapi dikreasikan dengan tambahan isi kacang panjang (kacang tolo); nangka; dan lain sebagainya sesuai keinginan. Enak banget rasanya!

10 Tempat Wisata Kudus Terbaru + 10 Wisata Kulinernya Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment