Info Tempat Wisata, Tempat Rekreasi dan Wisata Kuliner Indonesia

Tuesday, April 28, 2015

Obyek Wisata Gili Trawangan yang Eksotis - Wisata Lombok

Lombok terkenal dengan berbagai wisatanya, kali ini kami akan sajikan info obyek wisata di Lombok yang ramai dikunjungi wisatawan yaitu Lombok Barat. Selain tempat wisata di Lombok yang cocok dijadikan sebagai tempat rekreasi atau liburan bersama keluarga, kami akan mengulas tentang wisata kuliner di Lombok Barat, bagaimana cara kesana menuju lokasi wisata lengkap dengan info hotel atau penginapan di Lombok Barat Lombok yang terdekat dengan obyek wisata yang anda kunjungi tersebut.

Gili Trawangan adalah pulau terbesar dari tiga gili eksotis yang terdapat di sebelah barat laut Lombok. Di sepanjang pantai Anda akan dimanjakan dengan hamparan pasir yang putih dan bersih, pemandangan laut biru, udara yang segar, dan ‘lukisan’ Gunung Agung di Bali yang berdiri kokoh. Pulau ini memiliki luas sekitar 6 km persegi dengan penduduk sekitar 800 jiwa. Saat ini Gili Trawangan menjadi destinasi favorit baru bagi wisatawan lokal maupun mancanegara.

Aktivitas yang paling populer dilakukan para wisatawan di Gili Trawangan adalah scuba diving. Tidak hanya untuk kalangan profesional, pemula yang baru belajar pun tidak perlu khawatir karena di sini banyak terdapat instruktur-instruktur yang telah bersertifikat PADI.

Pengunjung juga bisa melakukan snorkeling di pantai sebelah timur laut, bermain kayak, berselancar, atau melepas tukik (anak penyu) ke laut bebas. Di Gili Trawangan juga disediakan beberapa tempat bagi para wisatawan untuk belajar berkuda mengelilingi pulau. Di malam hari, suasana pulau berubah menjadi hingar bingar oleh lantunan musik dari kafe-kafe yang ada di sepanjang pantai.

Obyek Wisata Gili Trawangan yang Eksotis - Wisata Lombok
SunSet di Pelabuhan Gili Trawangan Lombok

Cara Menuju Gili Trawangan

Untuk transportasi ke Gili Trawangan, dari kota Mataram, kita dapat menggunakan angkutan umum dengan rute Mataram-Rembiga-Pamenang, disambung dengan naik kapal umum dari Pelabuhan Bangsal menuju Trawangan. Jarak Pulau Lombok dan Gili Trawangan hanya 45 menit saja menggunakan kapal dengan tarif Rp. 10.000. Sesampainya di sana, wisatawan biasanya akan ditawari oleh biro-biro berbagai kegiatan wisata seperti diving, snorkeling, naik glass bottomed boat, berkeliling naik Cidomo, dan sebagainya.

kapal menuju gili trawangan lombok
Kapal Ini Menuju Gili Trawangan Lombok

Sarana tranportasi yang bisa digunakan di Gili Trawangan Lombok adalah sepeda yang disewakan oleh penduduk setempat dengan tarif Rp. 20.000/jam. Anda juga bisa menyewa cidomo dengan tarif Rp.150 ribu maksimal 4 orang bisa digunakan untuk mengelilingi pulau. (Tarif tersebut tidak bisa ditawar). Sedangkan kendaraan motor tidak diizinkan untuk digunakan di Gili Trawangan maupun gili-gili lainnya. Ini adalah aturan adat setempat yang disebut awig-awig, sehingga bisa dipastikan bahwa daerah ini bebas dari polusi, serta menambah kesegaran dan kenyamanan wisatawan.

Aneka Paket Wisata di Gili Trawangan

Ada banyak paket wisata yang ditawarkan oleh agen setibanya kapal yang membawa Anda sampai di Gili Trawangan. Mereka menyelenggarakan daily trip atau snorkeling ke Gili menggunakan perahu. Adapun kegiatan scuba diving dengan biaya US$ 80 per orang. Biaya ini sudah termasuk makan siang di restoran lokal tertentu.

Anda juga dapat menyewa jet sky dengan tarif US$ 30 per orang per 15 menit.
Atau menyewa banana boat dengan tarif US$ 15 per orang per 15 menit. Perlu diperhatikan bahwa tarif tersebut biasanya diperuntukkan untuk turis asing sehingga wisatawan lokal masih dapat menawar tarif tersebut. Adapun kegiatan wisata bawah laut dengan glass bottom boat ditawarkan oleh Hotel Villa Ombak dengan tarif sebesar Rp. 650.000 per 2 jam sudah termasuk peralatan snorkeling. Kegiatan ini bisa diikuti hingga 6 orang termasuk berkeliling ke tiga gili.

Penginapan dan Hotel di Gili Trawangan

Di Gili Trawangan juga sudah terdapat banyak sekali penginapan-penginapan dengan tarif yang beragam mulai dari paket hemat sampai paket yang menguras kantong anda. Salah satu Hotelnya adalah Hotel Vila Ombak dengan standar internasional yang menawarkan bangunan tradisional Lombok dengan pemandangan laut di sekitarnya yang menawan. Pilihan lain ada beberapa hotel lainnya dengan harga murah misalnya Manta Dive Gili Trawangan Hotel dan Tir Na Nog Hotel.

Wisata di Gili Trawangan Lombok sangat menarik bukan? Demikian sekelumit cerita informasi mengenai Obyek Wisata Gili Trawangan yang Eksotis di Lombok Barat. Jika  artikel ini bermanfaat, share ke teman-teman Anda di media sosial untuk memperkenalkan dan juga memajukan wisata lokal Indonesia. Jika ada infromasi yang kurang atau keliru, jangan sungkan untuk kontak kami atau tinggalkan komentar di Facebook. Terimakasih dan Selamat berwisata.

Obyek Wisata Gili Trawangan yang Eksotis - Wisata Lombok Rating: 4.5 Diposkan Oleh: SAI

0 comments:

Post a Comment